Dev C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stoustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan system dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untu kmendukung fitur – fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep – konsep baru seperti class dengan sifat – sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan .
OPEN GL
OpenGL adalah software yang berbasis interface untuk grafik hardware, Terdiri dari 120 perintah berbeda, yang mana bisa kamu gunakan untuk menerangkan berbagai objek dan operasi yang diperlukan untuk membuat aplikasi 3D. OpenGL dirancang untuk bekerja secara efisien bahkan jika computer anda bukanlah komputer yang digunakan untuk menjalankan apilkas igrafis. Format untuk transmisi perintah OpenGL (disebut protokol) dari client ke server selalu sama, sehingga program OpenGL dapat bekerja di jaringan bahkan jika klien dan server adalah berbagai jenis komputer. Jika program OpenGL tidak berjalan di jaringan, maka hanya ada satu komputer, dan itu bisa keduannya baik klien maupun server. OpenGL bersifat opensource, multu-platform dan multy language. Saat ini semua bahasa pemprograman mendukung OpenGL. Dan OpenGl bisa bekerja dalam lingkungan windows, unix, SGI, Linux, FreeBSD. Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa di kembangkan. Untuk OS windows, library terdiri dari 3 files yaitu Glut.h , Glut32.lib, Glut32.dll.
Membuat garis Vertikal
OUTPUT
LOGIKA
Pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi tentang garis pada line di bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan tentang koordinat yang diperlukan untuk pembuatan garis sesuai fungsi yang kita gunakan.
Penjelasa nfungsi – fungsinya
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
- glPushMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- glClearColor (1,1,1,0);
untuk menentukan warna garis/titik
- glColor3f (1,1,1);
untuk menentukan warna garis/titik
- glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik yang digunakan glColor3f (1,1,1);
- glVertex3f (0.10,10.0,13.13);
untuk menentukan titik awal yang digunakan
- glVertex3f (0,0,0.0);
untuk menentukan titik akhir yang digunakan
- glEnd();
untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
- glPopMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Membuatgaris Horizontal
OUTPUT
LOGIKA
Sama seperti membuat garis vertical untuk fungsi – fungsinya dan perbedaanya ada di glVertex3f fungs imenentukan titik koordinat kordinat .
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
- glPushMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- glClearColor (1,1,1,0);
untuk menentukan warna garis/titik
- glColor3f (1,1,1);
untuk menentukan warna garis/titik
- glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik yang digunakan glColor3f (1,1,1);
- glVertex3f (-0.6f, 0.0f, 0.0f);
untuk menentukan titik awal yang digunakan
- glVertex3f (0.6f, 0.0f, 0.0f);
untuk menentukan titik akhir yang digunakan
- glEnd();
untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
- glPopMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Output
LOGIKA
Sama seperti membuat garis
vertical dan horizontal untuk fungsi – fungsinya dan perbedaanya ada di glVertex3f fungs
imenentukan titik koordinat kordinat .
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
- glPushMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- glClearColor (1,1,1,0);
untuk menentukan warna garis/titik
- glColor3f (1,1,1);
untuk menentukan warna garis/titik
- glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik yang digunakan glColor3f (1,1,1);
- glVertex3f (10.10,10.0,13.13);
untuk menentukan titik awal yang digunakan
- glVertex3f (0,0,0.0);
untuk menentukan titik akhir yang digunakan
- glEnd();
untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
- glPopMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Setelah anda menuliskan code - code tersebut sekarang coba jalankan semua file dengan mengcompile project dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar