NAMA : HENDRA SAPUTRA
KELAS : 4KA28
NPM : 19110270
PERTEMUAN 1
KELAS : 4KA28
NPM : 19110270
PERTEMUAN 1
Definisi
Telematika
Telematika berasal dari bahasa
perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi merujuk pada sarana prasarana,
sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan,
penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna.
Para praktisi menyatakan bahwa
“Telematics“ adalah singkatan dari “Telecommunication” and “informatics”
sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah
Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena
perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi
telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi). Semula
media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi
informasi komunikasi pada saat itu.
Belakangan baru disadari bahwa
penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghindarkan
media komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah Telematika kemudian merujuk pada
perkembangan konvergensi antara telekomunikasi, media dan informatika yang
semula masing-masing berkembang secara terpisah.
Perkembangan
Telematika
Pada zaman dahulu, Telematika belum
berkembang sangat pesat dinegara Indonesia, Indonesia termasuk dalam Negara
tertinggal, tapi dengan seiring perkembangan zaman Indonesia mengalami kemajuan
yang sangat pesat, karena telah banyak bermuculan produk-produk IT yang lebih
kecil, cepat dan efisien dengan format-format unik yang berbeda dan muktahir.
Misalnya teknologi perakitan prosessor yang sudah bisa memfrabikasi hingga
ukuran 40nm, telepon selular dengan koneksi wifi, notebook dengan ukuran lebih
kecil sehingga memudahkan keleluasaan mobilitas bagi penggunanya dan sedangkan
teknologi mukthir adalah teknologi automobile systems yang menggabungkan Global
Positioning System (GPS) dan komunikasi nirkabel lainnya untuk mengetahui
lokasi jalan, dan sekarang ini yang sedang populer juga banyak dicari dan digunakan
oleh masyarakat yaitu smartphone, dan juga tablet PC. Smartphone ini merupakan
telepon selular dengan system operasi didalamnya adalah android. Dengan
kecanggihan smartphone ini aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan atau hanya
bisa digunakan didalam Komputer itu bisa digunakan didalam smartphone ini.
Tablet pc, ini merupakan komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar
sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer
mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse
komputer.
Jadi pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu bentuk telematika.
Contoh Tenologi Telematika
Jadi pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu bentuk telematika.
Contoh Tenologi Telematika
- Bidang Komunikasi
Pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan
menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima
pesan yang terdiri dari beberapa digit saja.
Handphone yang kita gunakan adalah salah satu contoh dari teknologi telematika dibidang komunikasi. Karena merupakan suatu sarana berkomunikasi dengan menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.
Smartphone adalah telepon selular yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. System operasi yang digunakan adalah android, dan android itu sendiri adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak
Handphone yang kita gunakan adalah salah satu contoh dari teknologi telematika dibidang komunikasi. Karena merupakan suatu sarana berkomunikasi dengan menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.
Smartphone adalah telepon selular yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. System operasi yang digunakan adalah android, dan android itu sendiri adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak
- Bidang Transportasi
Salah satu produk tranportasi yang
menerapkan layanan telematika adalah Toyota. Karena menyadari semakin tingginya
mobilitas masyarakat, terutama di wilayah perkotaan, membutuhkan layanan
penunjang yang mampu membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu
singkat. Toyota melihat peluang ini dengan mengembangkan disalah satu
produksinya yang memiliki layanan navigasi yang menyediakan informasi dan peta
lengkap lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer
Trend ke depan Telematika
Bisa dilihat perkembangan Telematika
dalam teknologi informatika berkembang secara pesat,manusia saling
berkomunikasi jarak jauh sudah sangat mungkin,sudah banyak perangkat keras
maupun perangkat lunak yang mengadaptasi konsep Telematika,dengan demikian media
karena akan adanya transaksi data yang besar kedepannya maka sekarang sudah
banyak media penyimpanan data eksternal dari perusahaan-perusahaan besar
seperti Gigabyte,V-Gen,Toshiba dan lain-lain,hal ini di karenakan kebutuhan
akan media penyimpanan semakin besar untuk mendokumentasikan segala sesuatu
yang berbentuk data.kemungkina besar dimasa depan segala sesuatunya akan
bersifat otomatis,dengan ilmu telematika dan mesin yang di kembangkan maka akan
tercipta mesin dengan tingkat integritas yang tinggi serta memiliki kemampuan
beradaptasi sendiri atau dengan kata lain disebut Robot,dengan tujuan untuk
memudahkan semua pekerjaan dan kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi
setiap harinya.
PERTEMUAN
2
Arsitektur
Menurut kamus istilah arsitektur dapat
diartikan sebagai struktur desain komputer dan semua rinciannya, seperti sistem
sirkuit, chip, bus untuk ekspansi slot, BIOS dan sebagainya. Tiga elemen utama
sebuah arsitektur, masing-masing sering dianggap sebagai arsitektur, adalah:
- Arsitektur sistem pemrosesan, menentukan standar teknis untuk hardware, lingkungan sistem operasi, dan software aplikasi, yang diperlukan untuk menangani persyaratan pemrosesan informasi perusahaan dalam spektrum yang lengkap. Standar merupakan format, prosedur, dan antar muka, yang menjamin bahwa perlengkapan dan software dari sekumpulan penyalur akan bekerja sama.
- Arsitektur telekomunikasi dan jaringan, menentukan kaitan di antara fasilitas komunikasi perusahaan, yang melaluinya informasi bergerak dalam organisasi dan ke peserta dari organisasi lain, dan hal ini juga tergantung dari standar yang berlaku.
- Arsitektur data, sejauh ini merupakan yang paling rumit diantara ketiga arsitektur di atas, dan termasuk yang relatif sulit dalam implementasinya, menentukan organisasi data untuk tujuan referensi silang dan penyesuaian ulang, serta untuk penciptaan sumber informasi yang dapat diakses oleh aplikasi bisnis dalam lingkup luas.
Arsitektur sisi klien
Ada beberapa karakteristik dari sisi klien pada umunya sudah
kita ketahui, yaitu :
1. Pihak klien selalu memulai permintaan/permohonan ke pihak
server
2. Setelah mengirim permintaan, kemudian klien akan menunggu
balasan atau jawaban atas
permintaannya dari server
3. Menerima balasan dari server atas permintaannya
4. Biasanya klien akan terhubung ke sejumlah kecil dari
server pada satu waktu
5. Biasanya berinteraksi langsung dengan end-user (pengguna
akhir) dengan menggunakan
user interface (antarmuka pengguna)
6. Khusus jenis klien mencakup web browser, email klien dan
online chat klien
Arsitektur Sisi Server
Sama dengan sisi klien (client side), sisi server (side
server) juga memiliki karakteristik
seperti di bawah ini :
1. Sebagai penyedia layanan, sisi server akan selalu
menunggu permintaan dari sisi klien
2. Sesuai dengan tugasnya, melayani dan menjawab permintaan
data yang diminta oleh klien
3. Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain
untuk melayani permintaan klien
4. Jenis server khusus mencakup web server, FTP server,
database server, email server, file
server, print server. Mayoritas dari web layanan tersebut
juga merupakan jenis server.
PERTEMUAN
3
Layanan Telematika (Telematics Services)
1. Layanan Telematika dibidang
Informasi
Penggunaan teknologi telematika dan
aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta
meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga
harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat
2. Layanan Telematika dibidang
Keamanan
Layanan ini menyediakan fasilitas
untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak
seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
3. Layanan Context Aware dan
Event-Based
Di dalam ilmu komputer menyatakan
bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap
lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang
tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit
pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan
parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta
memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks
yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai
preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Tiga hal yang menjadi perhatian
sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
a. The acquisition of context
Hal ini berkaitan dengan pemilihan
konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh :
pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu
(misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi tersebut.
b. The abstraction and understanding
of context
Pemahaman terhadap bagaimana cara
konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang
dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan
bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
c. Application behaviour based on
the recognized context
Terakhir, dua hal yang paling
penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya
yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan
kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang
dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umumnya.
SUMBER
http://siraith.files.wordpress.com/2011/02/sejarah-telematika.pdf
http://fitrahadi.wordpress.com/2012/10/21/perkembangan-telematika/
http://ejhapahlevi.blogspot.com/2012/11/perkembangan-telematika.html
http://bluewarrior.wordpress.com/2009/11/27/arsitektur-telematika/
http://avanza250.wordpress.com/2012/11/23/arsitektur-sisi-client-dan-sisi-server/
http://chebii.wordpress.com/2011/10/13/layanan-telematika-telematics-service/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar